4/16/2015






Kali ini saya akan share tentang salah satu bahasa pemrograman Delphi.Gambar diatas merupakan hasil dari contoh project yang kita akan bahas bersama.Saya akan kupas Semua komponen yang digunakan hingga menjadi sebuah project yang bisa diRun.

Program “Bunga Teratai” ini dibuat dengan bahasa pemrograman Delphi 7 yang  menunjukkan grafis 2D/3D dengan cara membangkitkan piksel.projek ini merupakan pembuatan program pembangkitan garis dari titik-titik.Bertujuan supaya kita bisa lebih memahami dan mengenali bahasa pemrograman Delphi. Dimana program pembangkitan garis dari titik-titik yang membentuk suatu pola seperti bunga dengan memasukan rumus (coding) yang akan dimunculkan pada saat di(RUN) kedalam tombol pengontrol. Yaitu tombol yang akan mengeksekusi keluar atau ditampilkan setelah program itu diRun.

A.Komponen yang dipakai

TForm1 = class(TForm)
    btn1: TButton;
    lbl1: TLabel;
    lbl2: TLabel;
    lbl3: TLabel;
    tmr1: TTimer;
    tmr2: TTimer; 
    btn2: TButton;


1.Membuat objek Button Mulai




Langkah pertama
·         Pada langkah pertama kita masukkan objek button yang diperoleh dari menu standart,setelah itu diganti nama menjadi (mulai). Cara merubah “nama” kita lihat  pada tabel Object Inspector pilih (caption).
·         Dari objek button,double klik memasukkan coding atau rumus untuk membuat bunga teratai,sehingga nantinya pada saat kita run akan muncul button “mulai” yang mana didalam button “mulai” ini akan mempilkan hasil dari projek ini.





2.Pembuatan Bunga Besar warna kuning








3.Pembuatan Bunga warna hijau













4.Pembuatan Bunga warna Merah






Keterangan :

Source code pembuatan bunga warna kuning,hijau dan merah sebenarnya sama,yang membedakan yaitu pada perubahan warna dan nilai yang dimasukkan pada koordinat xc dan yc.
Contoh souce code merubah warna:
canvas.pixels[trunc(xc+x),trunc(yc+y)]:=clYellow;
·         seperti contohUntuk bunga warna kuning kita masukkan source code”clYellow”.yang berarti warna yang akan ditampilkan oleh pikselnya yaitu warna kuning.
Contoh menampilkan titik pusat pada ketiga bunga:
·         pada souce code a:=100; xc:= 420; yc:= 215 yang mentukan titik pusat koordinat, menggabungkan dari tiga bunga  dalam satu titik pusat yang sama,seandainya kita rubah angka dari “a”maka otomatis posisi titik pusat dari bunga itu akan berubah.
·         Untuk merubah jumlah lengkungan pada bunga,kita bisa mengganti jumlahnya dengan merubah angka 8 dengan angka yang kita inginkan.
Berikut souce codenya:
·         r:=a*cos(8*thetf);



5.Memasukkan objek timmer



·         Pada langkah ini menambahkan objek timer yang ada pada menu system,dan objek label yang ada pada menu standart.
·         Untuk objek timer 1,objek label 1 dan 2 menampilkan tanggal,bulan,tahun dan waktu.
Dibawah ini source codenya:
procedure Tform1.tmr1Timer(Sender: Tobject);
begin
lbl1.Caption:=FormatDateTime(‘dd MMMM yyyy’,Now);
lbl2.Caption:=FormatDateTime(‘hh:mm:ss’,Now);
end;

·         Untuk objek timer 2  dan objek label 3 menampilkan tema projek “Bunga Teratai” yang mana dapat menampilkan label berkedip menggunakan souce code if lbl3.visible=true or false.
Dibawah ini source codenya:


procedure TForm1.tmr2Timer(Sender: TObject);
begin
if lbl3.visible=true then
    lbl3.visible:=false
    else
    lbl3.visible:=true;
end;



6.Menu Button Keluar

·         Langkah pembuatan objek button “keluar” sama dengan objek button mulai yaitu diambil dari menu standart. Cara merubah “nama” kita lihat  pada tabel Object Inspector pilih (caption).yang membedakan yaitu source codenya.
·         Procedure ini memerintahkan program berhenti secara total atau keluar dari RUN.
Berikut source kodenya:


procedure TForm1.btn2Click(Sender: TObject);
begin
Application.Terminate;
end;

Untuk Download Projectnya Download DISINI

Semoga bermanfaat


1 komentar: