5/28/2013





SHAHIBUL MENARA (Pemilik Menara)
 




Judul Buku          : Negeri 5 Menara
pengarang                : Ahmad Fuadi
penerbit                    : PT.Gramedia PustakaUtama
Tahun Terbit            : 2010
Jumlah hlm             : xi + 432 hlm

Ahmad Fuadi pria kelahiran Minangkabau, mantan wartawan Tempo dan VOA(Voice of Amerika).  Dengan sentuhan tangannya mampu mejadikan biografi hidupnya menjadi emas permata .Sebuah bacaan yang sangat inpiratif dan sangat menarik.ditambah dengan gaya bahasa seorang wartawan yang sangat mudah untuk difahami sehingga menjadikan candu bagi para pembaca.
Dengan novel ini Fuadi membuktikan bahwasannya Pondok pesantren bukan sepertihalnya dalam pemikiran orang awam ,pondok adalah untuk anak yang cacat produksi,akan tetapi pondok pesantren merupakan tempat belajar untuk meraih kesuksesan hidup yang sebenarnya,tanpa ijazah dia berhasil menuju dunia,karena “Ijazahmu  adalah Ilmumu”.
Negeri 5 Menara novel yang  mengangkat indahnya kehidupan di Pondok Pesantren oleh 6 orang sahabat Alif,Atang,Baso,Dulmajid,Said,dan Raja yang mempunyai mimpi dan kesungguhan setinggi langit.setiap sore menjelang maghrib mereka selalu berkumpul dibawah menara masjid jami,sehingga mereka disebut Sahibul Menara (Pemilik Menara).
Perangbatin yang dialami oleh Alif dari keinginannya untuk melanjutkan sekolah non agama yang bertentangan dengan sang ibu yang membawanya merantau ke desa kecil di Ponorogo Jawa Timur.Kegelisahan itu sampai 3 Tahun berada di Pondok Madani,tetapi dengan semangat “Man shabara zhafira” (siapa yang bersabar akan memetik hasilnya) meyakinkan hatinya untuk bertahan di Pondok Madani.
Trafalgar Square mempertemukan merka Setelah 11 tahun berpisah,mimpi yang dulu hanya sebatas angan berubah menjadi kenyataan. Mantra” Man Jadda Wajada” (siapa yang bersungguh –sungguh akan berhasil) mereka buktikan dengan kesungguhan dan keikhlasan.
            Novel ini wajib dibaca oleh orangtua ,dan para pemuda yang haus akan ilmu dan keberhasilan dimasa depan  .sahabat berbeda warna  yang menembus pendidikan pesantren menuju dunia.Banyak memberikan pelajaran tentang indahnya persahabatan,hidup,dan mimpi.


//Prasetyo H//

0 komentar:

Post a Comment